Migi Blog: Makhluk-makhluk Aneh di Perut Bumi

January 3, 2017

Makhluk-makhluk Aneh di Perut Bumi

Makhluk-makhluk Aneh di Perut Bumi
Mangalia - Ini cerita Gua Movile di Rumania. Gua yang tak pernah disinari cahaya matahari selama 5,5 juta tahun dan dihuni oleh makhluk-makhluk yang tak pernah kamu lihat.

Tak usah jauh-jauh ke luar angkasa, masih banyak misteri di dalam perut Bumi. Tak sedikit, rangkaian-rangkaian gua di dalam perut Bumi belum terjamah oleh peneliti. Dan yang lebih mengejutkan, perut Bumi ternyata dihuni oleh makhluk-makhluk kecil dengan bentuk yang aneh.

Situs BBC Earth Selasa (3/1/2017) pernah membahas tentang Gua Movile. Suatu gua yang berada di Kota Mangalia di Rumania, yang berbatasan dengan Laut Hitam. Gua ini punya cerita menarik.

Alkisah di tahun 1986, para pekerja Rumania sedang membangun pembangkit listrik di sana. Namun tak disangka, pengeboran ke dalam tanah menghasilkan penemuan berupa rangkaian gua. Rangkaian gua yang lengkap dengan lorong, celah hingga danau di dalam tanah.

Para pekerja berhenti, giliran peneliti ambil alih. Untuk masuk ke dalam gua, rupanya bukan hal yang mudah. Pertama harus turun dengan tali dari ketinggian 25 meter. Lalu berjalan melewati lorong sempit, serta berenang.
Peneliti yang masuk ke Gua Movile (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)Peneliti yang masuk ke Gua Movile (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)
Guanya pun punya kegelapan abadi. Artinya, satu-satunya cahaya adalah dari senter saja. Jika senter dimatikan, maka tidak akan terlihat apapun. Umpamanya, kita tak bisa melihat jari sendiri yang masuk ke dalam hidung.

Belum selesai, para peneliti juga harus membawa tabung oksigen. Asal tahu saja, tingkat oksigen di sana sangat rendah angkanya hanya 10 persen (angka 


normalnya adalah 20 perssen). Ditambah dengan kandungan hidrogen sulfida dari air dan karbon monoksida, paling hanya 5 jam saja orang dapat bertahan di sana. Setelahnya siap-siap mual, pusing, pingsan dan pingsan.

Tahun 2010 silam, ahli mikrobiologi bernama Kaya Boden dari University of Warwick di Ingrris membawa 29 timnya menjelajahi lebih dalam Gua Movile. Hasil penelitannya sangat mengejutkan, gua ini tidak pernah kena cahaya matahari selama 5,5 juta tahun!

"Suhu di dalam gua 25 derajat Celcius, cukup hangat tapi sangat lembab. Tingkat karbon dioksida di dalam gua adalah sekitar 100 kali lebih tinggi dari batas normal," ujarnya.

Makhluk-makhluk Aneh

Tak sampai di situ penelitian Boden dan timnya. Alangkah terkejutnya mereka ketika makin masuk ke dalam gua ternyata makin banyak 'penghuninya'. Mereka adalah serangga-serangga dengan bentuk yang belum pernah dilihat orang!

Sejauh ini, sudah 48 spesies hewan di dalam Gua Movile, yang mana 33 spesiesnya ditemukan di tempat lain dan sisanya hanya hidup di gua tersebut. Serangga-serangga itu di antaranya seperti laba-laba, kalajengking hingga ada juga lintah dan siput. Namun bentuk badannya sungguh unik, yang kebanyakan tidak bisa melihat.
Mahluk aneh di dalam guanya (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)Makhluk aneh di dalam guanya (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)

Waterscorpion (Patrick Landmann/SPL/BBC Earth)Waterscorpion (Patrick Landmann/SPL/BBC Earth)
Air dari stalaktit dan stalagmit yang menetes jadi sumber kedihupan mereka. Tapi tunggu, bukankah cahaya matahari berperan penting untuk kehidupan. Bukankah cahaya matahari menghasilkan enegri bagi makhluk hidup, membuat tumbuhan berfotosintesis dan kehidupan berjalan normal.

Lantas, bagaimana bisa serangga-serangga di sana bisa hidup tanpa cahaya matahari?

"Mereka mendapatkan energi atau makanan yang dibutuhkan dari reaksi kimia (kemosintesis) yang utama adalah oksidasi sulfida dan ion belerang yang sama menjadi asam sulfat, atau oksidasi amonium ditemukan di air tanah untuk nitrat," jelas Boden.

Boden mendeskripsikan metanotrof sebagai organisme yang memangsa secara berantakan, sehingga komponen metabolik intermediat seperti metahnol dan asam format 'bocor' secara konstan di lingkungan sekitarnya. Komponen kimiawi itu yang dimanfaatkan sebagai makanan bagi spesies bakteri lainnya.
Serangga dengan bentuk yang aneh (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)Serangga dengan bentuk yang aneh (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)
Peneliti menilai, dulunya Gua Movile berada di atas tanah. Namun karena pergerakan lempeng Bumi dan lain-lain, membuat daratannya masuk ke dalam tanah dan serangga-serangganya pun terjebak di dalamnya sampai saat ini.

Gua Movile tidak dibuka untuk umum, dengan alasan keselamatan. Semenjak ditemukan, baru 100 orang yang masuk ke sana dan itu semua adalah peneliti. Pemerintah Rumania pun melindungi guanya dengan menghentikan pembuatan pembangkit listrik.

Para peneliti menilai, apa yang ada di Gua Movile merupakan salah satu kunci untuk meneliti asal muasal kehidupan Bumi ini lebih dalam.
Peneliti yang membawa sampel serangga di Gua Movile untuk diteliti (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)Peneliti yang membawa sampel serangga di Gua Movile untuk diteliti (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)
(aff/aff)
Makhluk-makhluk Aneh di Perut Bumi
Foto: Makhluk-makhluk aneh di perut Bumi di Gua Movile (Patrick Landmann/SPL/BBC Earth)    

No comments: