Migi Blog: Bill Gates Buka-bukaan Soal Hartanya yang Melimpah

October 5, 2016

Bill Gates Buka-bukaan Soal Hartanya yang Melimpah

Bill Gates telah mengumpulkan kekayaan sedemikian besar, USD 90 miliar atau lebih dari Rp 1.192 triliun dalam estimasi terakhir. Namun demikian, pendiri Microsoft ini mengaku sebenarnya tak mata duitan dan di masa lalu tak pernah membayangkan jadi orang terkaya.

Malah dalam sebuah wawancara, Bill mengatakan pernah mengira pasti aneh rasanya menjadi miliuner. "Aku tak mengawali semua dengan impian untuk jadi super kaya. Bahkan setelah kami mulai mendirikan Microsoft dan orang-orang di Intel adalah para miliuner, kurasa menjadi orang kaya adalah hal yang cukup aneh," kata dia.

Nasib baik akhirnya melontarkannya jadi orang terkenal dan berlimpah uang. Tapi itu tak membuatnya jumawa. Melalui yayasan amal terbesar di dunia yang ia dirikan bersama istri, Bill & Melinda Gates Foundation, dia berjanji akan menyumbangkan sebagian besar hartanya.
Bill Gates Buka-bukaan Soal Hartanya yang Melimpah
"Mayoritas besar dari kekayaan itu, lebih dari 95%, akan diserahkan ke yayasan, yang akan menghabiskan semua uang itu sampai 20 tahun setelah kami berdua sudah tidak ada lagi di sini," kata GatesSaat ini, Bill diketahui sudah mengucurkan lebih dari USD 30 miliar ke yayasannya itu. Dan sisanya akan diberikan secara bertahap, disalurkan untuk memberantas penyakit dan kemiskinan.

"Tentu saja aku sudah memenuhi kebutuhanku terkait makanan dan pakaian. Uang tidak ada manfaatnya bagiku sampai titik tertentu. Manfaatnya adalah untuk membangun organisasi dan menyalurkannya untuk kaum termiskin di dunia ini," ujarnya.

Bill memang sudah hidup sangat nyaman dengan kekayaannya sampai mungkin tidak tahu lagi akan dihabiskan untuk apa. Rumahnya saja harganya ratusan juta dolar. Maka ia punya ambisi untuk membantu mereka yang menderita.

"Aku dan istriku sudah berdiskusi panjang tentang bagaimana kami akan mengelola kekayaan yang kami miliki dan memberikannya kembali dalam cara yang paling berdampak bagi dunia. Kami fokus membantu mereka yang termiskin, di antaranya dengan vaksinasi," paparnya.

Bersama keluarga kecilnya (ist)

'Pelit' Soal Warisan

Dalam kesempatan lain, Bill pernah menyatakan tidak akan memberi banyak warisan pada anak-anaknya. Mereka harus berusaha sendiri untuk sukses.

"Aku pikir jumlah uang sebanyak itu tidak bagus bagi mereka. Mereka hanya akan memiliki sebagian kecil dari kekayaanku. Mereka harus mencari jalan sendiri," kata Gates mengenai harta yang mungkin akan dibagi untuk tiga anaknya, Jennifer, Rory dan Phoebe.

"Mereka akan diberi pendidikan yang luar biasa. Semua hal terkait kesehatan mereka juga akan selalu diperhatikan. Namun untuk masalah pendapatan, mereka harus memilih pekerjaan sendiri," tambah pria berkacamata ini.

Bill menceritakan ia pun bekerja begitu kerasnya di masa muda hingga meraih kesuksesan bersama Microsoft. Namun kini, dia memiliki lebih banyak waktu luang dan kadang menghabiskannya bersama keluarga kecilnya.

"Aku tidak pernah istirahat saat berumur 20 tahun. Kini aku masih fanatik bekerja, namun tidak seperti dulu lagi. Aku suka main tenis, aku main bridge, aku menghabiskan waktu dengan keluargaku. Kadang aku mengemudi sendiri keliling kota dengan mobil Mercedes biasa," paparnya.

No comments: